PLUT Sulsel Torehkan Prestasi PLUT Ter-HEBAT Nasional Tahun 2022

June, 15 2023 8:06 PM, posted by Bahrul Ulum Ilham

Pusat Layanan Usaha Terpadu–Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT KUMKM) Provinsi Sulawsi Selatan menorehkan prestasi nasional diakhir tahun sebagai juara 1 kompetisi PLUT Terhebat 2022. Kegiatan ini digelar Kementerian Koperasi dan UKM RI sejak 18 Oktober lalu untuk tahap pendaftaran,  diikuti sebanyak 74 PLUT  dari seluruh Indonesia. Penilaian dilakukan terhadap kinerja dan inovasi PLUT di seluruh Indonesia.


Penganugerahan pemenang kompetisi PLUT Terhebat digelar di Hotel Grand Sahid Jaya, jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin (12/12/2022). Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengatakan, peran PLUT sangat vital sebagai perubahan perekonomian nasional.

“Dari sinilah kemudian, peran PLUT KUMKM menjadi sangat vital untuk mengawal perubahan mendasar dan struktural bagi sistem perekonomian nasional dengan re-design PLUT KUMKM sebagai implementasi PP 7/2021 tentang Kemudahan, Pelindungan, dan Pemberdayaan KUMKM,” kata Teten


Sementara itu Direktur Pengembangan UMKM dan Koperasi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Nasional (PPN/Bappenas) Ahmad Dading Gunadi mengungkapkan dirinya terpukau dengan inovasi yang dilakukan oleh PLUT KUMKM dari berbagai daerah.


Kepala UPT PLUT Sulawesi Selatan, Indriastuti Saggaf mengatakan, pada kompetisi PLUT tahun 2022 ini PLUT Sulsel memaparkan inovasi PLUT tidak sekedar menjadikan PLUT sebagai rumah yang ramah KUMKM, namun juga inovasi “one stop service” melalui website plutsulsel.com. “Jumlah UMKM d Susel yang mencapai 1,5 juta tentu tidak bisa dilayani oleh PLUT sehingga solusinya melalui pelayanan online seperti tanya PLUT, NIA PLUT, toko online dan Learning Management System, “katanya.

Plt Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Pemprov Sulsel Sukarniaty Kondolele, sangat bangga dan mengapresiasi torehan


PLUT Sulawesi Selatan. Dikatakannya, prestasi ini membuktikan PLUT Sulsel telah hadir sebagai tempat layanan full services KUMKM meliputi konsultasi bisnis KUMKM, pendampingan atau mentoring bisnis, fasilitasi akses pembiayaan, pemasaran dan promosi, pelatihan bisnis, networking dll.


PLUT Sulawesi Selatan sendiri telah hadir seja tahun 2014. PLUT hadir sebagai unit teknis yang memberikan layanan pendampingan usaha yang inklusif dan pemberdayaan lainnya kepada koperasi, UMK, dan wirausaha secara komprehensif dan terpadu melalui sejumlah fungsi layanan utama.


Layanan tersebut antara lain berupa layanan pendaftaran dan perizinan usaha, konsultansi dan pendampingan bisnis, promosi dan pemasaran produk, pelatihan teknis dan manajerial, inkubasi bisnis, co-working space, seleksi dan kurasi, penguatan sinergi dan fasilitasi pendukung wirausaha lainnya. (sumber : bisniskumkm.com)

Share