Sinergi PLUT Sulsel-Universitas Ciputra Makassar Memajukan UMKM

June, 30 2022 6:06 AM, posted by Bahrul Ulum Ilham

Universitas Ciputra School of Business Makassar  (UC Makassar) menggandeng Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan Usaha Mikro, kecil dan Menengah (PLUT KUMKM) Sulsel dalam pengembangan UMKM di Makassar. Sinergi UC Makassar dan PLUT Sulsel ini dibahas dalam pertemuan bersama di kantor PLUT Sulsel, Jalan Metro Tanjung Bunga, Kamis (30/6) dihadiri Carolina Novi Mustikarini, SE, MSc, LP-NLP bersama dosen dan mahasiswa, kepala UPT PLUT Sulsel, Indriastuti Saggaf, SH, MH didampingi Kordinator konsultan, Bahrul ulum Ilham, SPd, MM.

Carolina yang akrab disapa Ivon menjelaskan rencana sinergi dengan PLUT dalam pemberdayaan UMKM melalui kegiatan MOS atau biasa dikenal Orientasi Week di kampus Universitas Ciputra Makassar. Kegiatan Orientasi Week UC Makassar diarahkan pada pembentukan mindset dan wirausaha. ”Saat Orientasi Week atau O-Week UC kami harapkan UMKM binaan PLUT Sulsel akan bersinergi dengan mahasiswa dalam pemasaran produk  sekaligus memberdayakan masyarakat sekitar  dengan membawa inovasi baru,” katanya.

Selanjutnya, pada Rabu, 13 Juli 2022 sebanyak 60 pelaku usaha UMKM binaan PLUT Sulsel hadir di kampus UC Makassar di Kawasan tanjong Bunga. Kehadiran UMKM ini dalam rangka persiapan OWEEK atau Orientation Week  dan mengenalkan dunia bisnis kepada Mahasiswa. Pada kegiatan ini, para owner UMKM hadir membawa sampel produknya. Di auditorium, silih berganti mereka memperkenalkan produknya. Mulai dari kemasan, bahan produksi hingga proses produksi. Nampak pelaku usaha ini sangat antusias mempresentasikan hasil karyanya.

Dalam pengantarnya, Indriastuti Saggaf memaparkan keberadaan PLUT dibawah naungan Kemenkop UKM dan Diskop yang memberikan layanan jasa non finansial sebagai solusi atas permasalahan KUMKM dalam rangka meningkatkan produktivitas, nilai tambah, kualitas kerja dan daya saing KUMKM, melalui pendampingan bidang kelembagaan, sumberdaya manusia, produksi, pembiayaan, dan pemasaran. “Kami sangat menyambut adanya sinergi PLUT dan UC Makassar sebagai perwujudan siergi triplehelix memajukan UMKM,” katanya.

selling games mahassiwa UC Makassar

Sementara itu, Fila selaku pendamping mahasiswa menambahkan, saat orientasi mahasiswa digelar kegiatan “selling day” OWEEK Sparta 2022. Dalam kegiatan ini mahasiswa akan membantu UMKM pemasaran produk, membuat BMC, membuat inovasi dan konten media sosial, katanya.

Koordinator konsultan PLUT Sulsel, Bahrul ulum Ilham  sangat mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi Universitas Ciputra, School of Business Makassar dan bersinergi dengan PLUT Sulsel. Kegiatan ini sarana efektif untuk mendekatkan para milineal dengan UMKM sehingga bisnis yang dijalankan bisa lebih kekinian.

“kami sangat berharap mahasiswa UC Makassar sebagai generasi milenial dapat menjadi motor penggerak bagi para pelaku UMKM Sulsel untuk naik kelas. Generasi milenial kita tahu sebagai digital native yang sangat akrab dengan teknologi,” tandas Bahrul ulum Ilham.

Puncak gelaran O-Week mahassiwa UC dan UMKM binaan PLUT dalam bentuk selling games yang dilaksanakan di Mall Phinisi Point pada tanggal 7 September 2022. Kegiatan ini nantinya akan membentuk jiwa Entrepreneur sejak masa pengenalan kampus.

Share