PLUT Sulsel Tuan Rumah Roadshow DCE 2.0 Telkomsel

October, 20 2022 6:10 AM, posted by Bahrul Ulum Ilham

Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Sulawesi Selatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Lokakarya Roadshow Digital Creative Entrepreneurs (DCE) 2.0 tahun 2022. Kegiatan yang dihelat pada Kamis (20/10) di gedung PLUT Sulsel, Jalan Metro Tanjung Bunga merupakan lokasi ke-empat penyelenggaraan setelah sebelumnya Batam, Batu dan Bandung.

Mengangkat tema Peningkatan Brand dan Digitalisasi Bisnis UMKM itu diikuti lebih dari 50 peserta UMKM dan menghadirkan narasumber dari local heroes UMKM Kota Makassar, 99% Usahaku dan Telkomsel Orbit Representative, Content Creator dan Digital Marketing Consultant.

Vice President Area Account Management Telkomsel, Samuel Pasaribu mengatakan, tahun 2022 merupakan tahun kedua program DCE dan ini menjadi dasar kami memberikan 2.0 sebagai tanda kelanjutan dari program DCE yang berlangsung sebelumnya. Makna 2.0 juga memiliki makna bagi UMKM untuk lebih Go Digital dan meningkat bisnisnya dengan bekal kurikulum-kurikulum yang didapatkan,ujarnya.

Ditambahkannya, gelaran Digital Creative Entrepreneurs (DCE) 2.0 merupakan program lanjutan Corporate Social Responsibility Telkomsel yang bertujuan untuk mengembangkan UMKM yang ada di Indonesia agar bisa lebih go digital serta dipersiapkan untuk memperkuat kreativitas, kapabilitas dan kompetensi dari para pelaku UMKM di Indonesia.

Kepala UPT PLUT Sulawesi Selatan,  , Indriastuti Saggaf memberikan apresiasi  atas penyelenggaraan DCE 2.0 di PLUT Sulawesi Selatan. “Saya sangat mengapresiasi acara ini, mungkin harapannya ke depan peserta yang mengikuti kegiatan ini lebih banyak lagi. Tahun ini hanya 50 orang terpilih, mungkin tahun depan kuotanya lebih banyak. Kita butuh dari Telkomsel untuk mengadakan pelatihan-pelatihan lanjutan. Hal ini karena melihat antusias peserta mereka sangat tertarik untuk mengikuti program seperti ini ke depannya,” pungkasnya.

Sementara itu, Koordinator konsultan PLUT Sulsel, Bahrul ulum Ilham mengatakan UMKM binaan PLUT sangat antusias mengikuti kegiatan. Setidaknya, lebih dari 250 UMKM mendaftar namun hanya bisa dipilih 50 UMKM untuk mengikuti kegiatan secara offline di PLUT. Dikatakannya, digitalisasi sangat penting bagi UMKM dibuktikan dengan UMKM yang mampu bertahan di masa pandemi adalah mereka yang telah melakukan digitalisais pada bisnisnya.

“Kami berharap gelaran DCE 2.0 membuka kesempatan yang luas bagi UMKM  menghadapi tantangan maupun hambatan agar bisa bangkit pasca pandemi. Dengan kreativitas, usaha yang tak kenal lelah, target pasar yang tepat serta memanfaatkan trend digital,” harapnya.

Share