Sinergi PLUT-APINDO Sulsel Pacu Kualitas SDM UMKM

August, 10 2021 5:08 AM, posted by Dewi Tresna

Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Sulsel bersinergi dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) SUlsel dalam peningkatan kapasitas SDM pelaku UMKM. Melalui training “Optimalisasi SDM Untuk Melejitkan Profit Bisnis”, puluhan pelaku UMKM dilatih kiat-kiat pengembangan SDM dalam bisnis pada Sabtu, 26 Juni 2021 di aula lantai 3 Diskop UKM Sulsel, Jl. AP.Pettarani.

Kegiatan ini menghadirkan ketua DPP APINDO Sulawesi Selatan, Drs. H. La Tunreng, MM dan praktisi HRD, Arifuddin dari Multitasking Institute serta dipandu koordinator konsultan PLUT Sulsel, Bahrul ulum Ilham. Dalam sambutannya, Bahrul menyebut, kegiatan ini sebagai wujud nyata APINDO dan PLUT dalam pengembangan SDM pelaku UMKM di Sulsel agar bisa naik kelas.

Dalam paparannya, La Tunreng selaku ketua APINDO mengatakan, para pengusaha termasuk UMKM dituntut mengubah cara bisnisnya dengan menyesuaikan generasi milenial. Hal ini tak lepas jumlah para milenial yang pada tahun 2017 saja mencapai 88 juta jiwa atau 33,75 persen dari jumlah penduduk Indonesia.

“Generasi millennial sangat penting dan berpengaruh pada bisnis karena mereka dipenuhi dengan ide-ide yang segar, unik, bahkan anti mainstream. Kalau ini bisa dimanfaatkan mengembangakn bisnis maka bisa kompetisi dan memenangkan pasar lebih mudah,” katanya. Selain itu, koneksi networking dan pengetahuan yang lebih baim terlait teknologi menjadi keuntungan tersendiri bagi bisnis, tambahnya.

La Tunreng juga mengurai bagaimana mensiasati generasi milenial yang kerjanya fleksibel, lingkungan kerja yang egaliter, transparansi kondisi perusahaan dan kebiasaan umpan balik.

Adapun Arifuddin mengurai kiat pengembangan SDM dengan pendekatan DISC. Dikatakannya, DISC sebagai tool pengenal perilaku dalam pengembangan SDM mulai proses rekrutmen, seleksi, dan pengembangan SDM.

“Pendekatan DISC membagi 4 tipe perilaku individu ketika berinteraksi dengan lingkungannya, yakni singkatan dari Dominant (Dominan), Influence (Berpengaruh), Steadiness (Stabil) dan Compliant (Patuh),” urainya. Dengan profiling DISC sangat efektif dalam pengembangan SDM dan bisa juga diterapkan dalam usaha skala UKM, tambahnya.

Share