Lomba foto Dinas Koperasi & UMKM Provinsi Sulawesi Selatan Tema “Cerita Warisan Tradisional ; Kain Tradisional SULAWESI SELATAN”

March, 26 2021 5:03 AM, posted by Super Admin

Lomba foto Dinas Koperasi & UMKM Provinsi Sulawesi Selatan

Tema “Cerita Warisan Tradisional ; Kain Tradisional SULAWESI SELATAN”

 

Untuk lebih mengenal,membudayakan, dan menyebarluaskan  pemakaian identitas kedaerahan dalam mendukung upaya pengembangan ekonomi kreatif masyarakat. Maka akan dilaksanakan kegiatan lomba foto dengan tema “Cerita Warisan Tradisional ; Kain Tradisional SULAWESI SELATAN” dengan aturan sebagai berikut :

Periode Lomba :

Upload Instagram                                          : 25 Maret – 07 April 2021

Penjurian Tahap 1                                        : 10 April 2021

Verifikasi karya 10 (sepuluh Nominasi)          : 11 April – 12 April 2021

Penjurian Tahap 2                                        : 13 April 2021

Pengumuman karya 4 (Empat) pemenang       : 15 April – 16 April 2021  

 

Hadiah Pemenang :

1 (Satu) Foto (Fotografer)  Juara 1                   : 5  Juta rupiah

1 (Satu) Foto (Fotografer) Juara 2                    : 3,5  Juta rupiah

1 (Satu) Foto (Fotografer)  Juara 3                  : 2,5 Juta rupiah

1 (Satu) Foto (Fotografer)  Favorit                   : 1,5  rupiah

Total Hadiah                                                : 12,5 juta rupiah

 

Juri :

Fee 4 (Orang) Orang Juri Lomba  : Total 6 Juta Rupiah 

 

Kriteria Penilaian

1.     Kesesuaian tema

2.     Kualitas fotografis (meliputi komposisi, pencahayaan, dan artistik)

3.     Kreatifitas pengambilan gambar dan tingkat kesulitan

4.     Mengikuti peraturan panitia lomba 

 

Aturan Umum Peserta

a.      Lomba foto ini berlaku untuk warga negara Indonesia, berdomisili di wilayah SULAWESI SELATAN dan dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk resmi,

b.     Pengambilan gambar berada di wilayah Indonesia,

c.      Foto adalah karya sendiri, orisinil, belum pernah memenangkan lomba (baik online maupun offline) apapun, belum terpublikasi resmi (sosial media diperbolehkan), dan di buktikan dengan exif data orisinil yang akan dikirimkan ke panitia pada tahap final 10 calon pemenang.

d.     Pengambilan gambar dari periode tahun 2015 sampai sekarang,

e.      Gambar foto mengikut pada tema lomba “Cerita Warisan Tradisional ; Kain Tradisional SULAWESI SELATAN”, berupa proses pembuatan kain tradisional SULAWESI SELATAN atau proses pengrajin dalam pembuatan kain tradisional SULAWESI SELATAN, dan atau model yang mengenakan kain tradisional SULAWESI SELATAN.

f.       Foto harus sesuai dengan norma-norma sosial serta tidak mengandung unsur kekerasan, politik, pornografi, penghinaan ataupun pelecehan terhadap SARA.

g.      Seluruh hasil foto merupakan tanggung jawab dari peserta, termasuk penggunaan model dan/atau properti. Panitia Lomba dalam hal ini Dinas koperasi dan UMKM bebas dari tuntutan hukum di kemudian hari dari pihak manapun, termasuk pemilik properti dan/atau model lomba yang disertakan dalam Lomba.

h.      Foto harus dalam format digital. Foto diambil menggunakan kamera digital (DSLR, pocket, mirrorless) atau smartphone yang mendukung ketentuan format foto. Tidak diperkenankan untuk mengunggah scan negatif, transparansi atau hasil cetak foto.

i.       Foto kolase dan montase tidak diperkenankan. Editing hanya diperkenankan hanya sebatas  warna, dodging, burning rotating dan cropping.

j.       Foto pemenang berhak digunakan oleh Dinas koperasi dan UMKM Sulawesi Selatan untuk kepentingan apapun dan hak cipta tetap berada  pada fotografernya.

k.     Keputusan Dewan Juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Aturan Upload Foto

a.      File di unggah baru pada feed instagram masing-masing peserta dengan hastag ...............#dinaskoperasiumkmsulsel #lombafotokainsulsel #performakainsulsel (ini sesuaikan saja) dan tag instagram ke...............@dinaskoperasiumkmsulsel @ performa.makassar (ini sesuaikan saja)

b.     Pada keterangan dituliskan Nama, Nomor telepon aktif, email,  Judul, caption singkat, dan tahun pengambilan gambar

c.      Dilarang menyematkan watermark pada foto yang diupload

d.     Pengiriman file mengikuti periode upload instagram diatas

e.      Pastikan file yang diunggah mempunyai format high resolusi (panjang atau tinggi 2048 Pixel) dengan besar file minimal 7 MB. 

 

Nominator Lomba

a.    Panitia dan juri akan memilih 10 karya nominasi, dan setiap nominator akan dihubungi oleh pihak peserta dari nomer telepon peserta yang dicantumkan.

b.    Foto nominator lomba dikirimkan ke alamat email : .................sesuai jadwal yang ditentukan. Apabila pada jadwal tersebut peserta tidak mengirimkan karya asli/ original sesuai ketentuan, maka panitia berhak untuk mendiskualifikasi peserta/ nominator tersebut atau  mencari pengganti dari peserta lainnya.

c.     Setiap nominator (fotografer)  hanya mewakili 1 (satu) foto nominasi

 

Pemenang Lomba

a.    4 (Empat) orang pemenang akan diumumkan pada media resmi panitia pelaksana. Dan masing-masing  pemenang akan dihubungi oleh panitia pelaksana.

b.    4 (Empat) pemenang hanya mewakili 1 foto pemenang

c.    Pengambilan hadiah mengikuti jadwal dan aturan panitia pelaksana

d.     Pengambilan hadiah tidak boleh diwakili dan bersifat tunai dan langsung pada kantor Dinas Koperasi & UMKM Prov SULSEL sesuai jadwal yang ditetapkan oleh panitia pelaksana

 

 

Terima kasih

Share