50 UMKM Perempuan Kabupaten Sidrap Belajar Kewirausahaan

March, 25 2021 2:03 AM, posted by

Sebanyak 50 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) perempuan Kabupaten Sidrap belajar kewirausahaan. Kegiatan ini bertajuk “Diklat Kewirausahaan Bagi Perempuan” dilaksanakan UPT Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Diskop UKM Sulsel bekerjasama Diskop UKM dan Nakertrans kabupaten Sidrap 

Kegiatan dibuka Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sidrap, Andi Safari Renata, Senin, 20 Oktober 2020 di Hotel Grand Sidny Sidrap.

Hadir pula kepala UPT PLUT Sulawesi Selatan, Andi Diah, Konsultan PLUT Sulsel Bahrul ulum dan Salman Sahmad, Pendamping UKM Sidrap, Imam Ismail dan jajaran Diskop UKM dan Nakertrans kabupaten Sidrap 

Andi Safari Renata mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas pelaku usaha perempuan di Kabupaten Sidrap dan tetap eksis meskipun pandemi.

“Selama pandemi UMKM di Kabupaten Sidrap mampu menggerakkan sektor riil walaupun menjalankan usaha dari rumah,” katanya.

Kepala UPT PLUT Sulsel, Andi Diah mengatakan, kegiatan digelar sejalan dengan program peningkatan sumber daya manusia (SDM) sektor UKM berbasis gender oleh Dinas koperasi dan UKM Sulawesi Selatan, serta menjadi salah satu prioritas program kerja Gubernur Sulawesi Selatan.

“Melalui diklat kami ingin mengasah kemampuan para wirausaha perempuan dalam mengembangkan potensi usaha yang dimiliki,” tambahnya.

Kegiatan ini diikuti peserta sebanyak 50 peserta, dengan tim pengajar dari unsur praktisi, konsultan PLUT, profesional, dan lingkup pemerintah daerah. Materi yang diberikan antara lain mindset dan motivasi wirausaha, standarisasi dan legalitas produk, pengemasan produk, pemasaran dan menghitung biaya-biaya dalam bisnis.

Share