Dinkop dan UMKM Jeneponto Gelar Pendidikan dan Pelatihan Kewirausahaan

March, 25 2021 2:03 AM, posted by

JENEPONTO, Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jeneponto bekerjasama dengan UPT PLUT Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Pendidikan dan Pelatihan Kewirausahaan Bagi Perempuan.

Ini merupakan angkatan terakhir atau angkatan ke IV yang mana pada angkatan I, II dan III telah dilaksanakan dengan baik.

Sumber dana kegiatan ini berasal dari APBD Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan Tahun Anggaran 2020.

Pelatihan ini bertujuan agar perempuan mempunyai peningkatan dalam hal pengetahuan, keterampilan dan sikap. Sehingga dapat mengaplikasikan hasil belajarnya dalam pengelolaan usaha yang ditandai dengan melakukan wirausaha melalui pemanfaatan potensi sumber daya alam yang ada di lingkungan.

Pelatihan dibuka Kepala UPT PLUT Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan Dra. Hj. Andi Diah, MM didamping Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Sulawesi Selatan Andi Oci Alepuddin, SH dan Kabid Pemberdayaan UKM Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jeneponto Awaluddin Mahadi, SE, dan Konsultan PLUT KUMKM.

Dalam sambutannya, Kepala UPT PLUT mengatakan sangat yakin bahwa dengan adanya Diklat kewirausahaan ini akan meningkatkan Sumber Daya Manusia ( SDM) di sektor UKM berbasis gender yang ada di Kabupaten Jeneponto.

Pemateri berasal dari unsur Pejabat struktural Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan, Pejabat Struktural dari Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jeneponto dan Praktisi dari Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Sulawesi Selatan dan Konsultan PLUT KUMKM.

Peserta adalah para pelaku usaha perempuan yang berdomisili di Kabupaten Jeneponto sebanyak 50 orang.

Hasil yang dicapai dalam pelatihan ini, diantaranya, peserta mampu menjadi wirausaha yang mandiri dan kreatif diera milineal ini khususnya di masa pandemi Covid-19, peserta mengetahui desain business bagi perempuan, peserta dapat mengembangkan usahanya untuk lebih maju kedepan, peserta sudah memahami strategi pemasaran dan cara mempromosikan hasil usahanya/produknya.

Pelatihan ini diharapkan berdampak pada kemampuan perempuan menciptakan lapangan kerja.

Melalui pelatihan, perempuan dapat meningkatkan kesejahteraan hidupnya.

Pelatihan ini merupakan suatu langkah penting dan perlu dilakukan dalam rangka membentuk Sumber Daya Manusia yang berkualitas.

Tujuan akhir yang ingin dicapai yaitu program pelatihan ini akan berdampak dalam peningkatan keterampilan bidang usaha dan mempunyai sikap jiwa kewirausahaan.

Share