PLUT SULSEL FASILITASI E-COMMERCE PRODUK UMKM

March, 23 2021 3:03 AM, posted by

Pasar online atau e-commerce menjadi salah satu cara yag efektif bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam memperluas akses pasar, baik di dalam maupun luar negeri.

Berkaitan hal itu, Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Sulawesi Selatan memfasilitasi UMKM binaan untuk perluasan pasar melalui e-commerce. Bertempat di PLUT Sulsel, Jl. Metro Tanjung Bunga, Kamis (30/1/1) dilaksanakan Focus Group Discussin (FGD) sebaagi tahapan awal fasilitasi pemasaran online.

Kegiatan ini difasilitasi konsultan IT PLUT Sulsel, Ahyar Muawwal didampingi Koordinator Konsultan PLUT Sulsel, Bahrul ulum Ilham. Dalam kegiatan yag diikuti puluhan UMKM binaan PLUT ini disepakati aplikasi pemasaran melalui e-commerce yaitu, akses pasar digital menggunakan triple ecommerce, meliputi ecommerce local seperti tokopedia, lazada, bukalapaka, dll; ecomemrce luar negeri seperti alibaba, amazon, ebay, dll, dan membuat platform ecommerce tersendiri yang difasilitsi PLUT Sulsel.

Dilansir dari rilis yang diterima sulselekspres.com, Konsultan IT PLUT Sulsel, Ahyar Muawwal mengatakan, untuk mendukung akses pasar digital ini maka konsultan PLUT akan melalukan pendampingan berupa perbaikan digitalisasi produk seperti google bisnis, content dan photo produk serta fasilitasi admin digital yang fokus pemasaran sehingga umkm cukup berfokus pada aspek produksi. E-commerce merupakan produk dan fasilitas yang seharusnya bisa dimanfaatkan oleh pelaku UMKM dalam memasarkan produknya

Koordinator konsultan PLUT, Bahrul ulum Ilham menambhakan, adanya E-commerce bermanfaat pada UMKM serta keuntungan karena lebih murah dan effisien. “Sampai saat ini pemasaran masih menjadi saalh satu kendala utama yang dihadapi usaha kecil dan menengah (UMKM). Karena itu, kami di PLUT mencoba memfasilitasi pemasara online sebagai upaya nyata untuk mencarikan solusi atas persoalan tersebut,” katanya.

Share