Berita

PLUT Sulawesi Selatan Melahirkan 72 Pengusaha Muda dalam Program YESS




Dinas Koperasi dan UKM Sulawesi Selatan bersama dengan UPT PLUT Prov. Sulawesi Selatan mewisuda 72 siswa peserta Young Entrepreneur School (YES) angkatan kedua.


Hadir dalam acara ini Ketua TP PKK Sulsel Lies F Nurdin, Kepala Diskop UKM Sulsel Malik Faisal, Kepala Sekolah YESS Abd Azis Bennu, pengajar YESS yang juga ketua bidang UKM Apindo Sulsel Bahrul Ulum Ilham dan konsultan PLUT SULSEL, serta para insruktur YES, dan ketua-ketua asosiasi bisnis, penggerak wirausaha dan orang tua siswa.


Kepala Diskop UKM Sulsel, Malik Faisal dalam sambutannya mengatakan, YES merupakan wadah para generasi muda menyongsong bonus demografi.

Selain itu, hadirnya YES ini sebagai komitmen Dinas Koperasi dan UKM menciptakan SDM yang berkualitas di Sulawesi Selatan.

“Generasi muda sangat berpotensi bila diberikan edukasi dan keterampilan yang baik melalui kewirausahaan. Lulusan YES ini kami yakini bahwa mereka siap bersaing di industri kreatif,” kata Malik, Minggu (5/1/2020).

Kepala Sekolah YES, Abd Azis Bennu mengatakan konsep pembelajaran YES dikemas dalam sebuah program pelatihan rutin oleh para mentor, trainer dan coach bisnis ditunjang dengan pendampingan secara intensif.


Proses pembelajarannya itu 20 persen teori dan 80 persen praktek.

Olehnya ia optimis, lulusan YES bisa bersaing dengan para pengusaha muda lainnya.

" Prosesnya itu, pada bulan pertama siswa YES akan diberikan motivasi dan perubahan mindset, di bulan ke dua peserta diberi kesempatan untuk menentukan produk yang akan diolah, dan di bulan ketiga peserta akan terjun kelapangan," ujarnya.


Menurutnya YES hadir didasari pemahaman bahwa kewirausahaan ternyata bukan hanya bakat bawaan sejak lahir, atau bersifat praktek lapangan saja.

Info

<